8 langkah dan cara mudah membuang udara pada sistem Rem Hidrolik - belajar mudah

8 langkah dan cara mudah membuang udara pada sistem Rem Hidrolik

8 langkah dan cara mudah membuang udara pada sistem rem

Sistem rem mobil bekerja dengan sistem hidrolik,kecuali untuk rem parkir yang rata-rata belum menggunakan sistem hidrolik.Pada rem hidrolik misalnya terdapat gangguan pedal rendah,rem kurang pakem atau bekerja tidak maksimal karena ada udara dalam sirkuit sistem rem,langkah perbaikanya dengan membuang udara yang ada dalam sirkuit sistem hidrolik atau sering juga disebut dengan membleding.Adapun langkah-langkah dan cara mudah membuang udara dalam sirkuit sistem rem hidrolik adalah sebagai berikut:

➤Persiapan alat dan bahan
  • Kita perlu mempersiapkan sebuah botol diisi sedikit minyak rem dan selang transparan yang nantinya untuk melihat gelembung udara keluar dari sistem rem.
  • Siapkan juga kunci pas atau disarankan menggunakan kunci niple adalah kunci khusus berbentuk segi enam terbuka yang dapat mencakup semua sisi baut,sehingga baut tidak cepat aus.dan tentunya berbeda dengan kunci pas yang hanya mencakup dua sisi baut saja.

➤Berikut ini Langkah - langkah  sederhana dan cara mudah membuang udara atau membleding dalam sistem rem hidrolik antara lain :

  1. Pertama-tama minta bantuan teman yang tujuanya adalah untuk menekan pedal rem,atau lebih mudahnya pekerjaan ini dilakukan 2 orang dimana yang satu bertugas menekan pedal rem dan yang lain mengendorkan dan mengencangkan baut pembuang udara/bleeding.
  2. Isi minyak rem pada reservoir atau tempat minyak rem pada master silinder.
  3. Pasang botol yang bagian tutup sudah dilubangi sebagai tempat untuk selang pada baut pembuang udara/bleeding serta pasang kunci niple atau kunci pas.
  4. Tekan pedal rem berulang-ulang kemudian tahan,sambil memberi aba-aba pada teman yang satu untuk membuka baut pembuang udara.
  5. Buka baut pembuang udara dan akan keluar gelembung-gelembung udara yang terlihat pada sistem rem.
  6. Tunggu sampai gelembung dan minyak rem habis selanjutnya kencangkan kembali baut pembuang udara yang terdapat pada silinder roda(tromol) dan caliper (cakram).
  7. Ulangi langkah nomer 4 sampai dengan nomer 6 sampai tidak lagi terdapat gelembung dalam sistem rem.
  8. Lakukan pada semua roda yang ada pada kendaraan.
Baca juga:
Sampai disini proses membuang udara/membleeding selesai cek kembali sistem rem sampai dengan test jalan.
Untuk lebih mudah memahami cara dan langkah membuang udara dalam sistem rem hidrolik adalah dikerjakan oleh dua orang,kemudian tekan pedal berulang-ulang dan tahan,selanjutnya buka baut pembuang udara,tutup kembali.dan lakukan secara berulang pada semua roda sampai udara habis pada sistem rem,cara ini sering di sebut juga dengan cara manual.atau juga sering disebut dengan membleding pada sistem rem hidrolik.
Semoga bermanfaat.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel